Anjuran Penggunaan Kemasan Kertas –┬áKemasan food grade adalah jenis kemasan yang dirancang dan diproduksi khusus untuk digunakan dalam pengemasan produk makanan dan minuman. Kemasan food grade ini harus memenuhi standar keamanan makanan yang telah ditetapkan oleh badan pengawas makanan dan obat-obatan di berbagai negara.

Kemasan food grade biasanya terbuat dari bahan yang aman untuk digunakan dalam kontak langsung dengan makanan, seperti kertas makanan, karton atau plastik yang telah disertifikasi aman dan bebas dari zat-zat berbahaya. Kemasan food grade harus mampu menjaga kualitas, kesegaran, dan keamanan makanan dan minuman yang dikemas di dalamnya.

Beberapa contoh kemasan food grade yang sering digunakan adalah botol plastik untuk air minum, kemasan kertas untuk kemasan makanan seperti kantong kertas atau kotak makanan, dan kaleng untuk pengemasan minuman dan makanan dalam bentuk padat atau cair. Kemasan food grade sangat penting dalam memastikan bahwa makanan dan minuman yang dikonsumsi aman dan sehat bagi konsumen.

Kenapa Kita dianjurkan Menggunakan Kemasan Kertas ?

Kemasan kertas memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan jenis kemasan lainnya seperti kemasan plastik atau kemasan kaca. Beberapa alasan mengapa kita dianjurkan untuk menggunakan kemasan kertas antara lain:

  1. Ramah Lingkungan: Kemasan kertas dapat didaur ulang dan terbuat dari bahan alami yang mudah terurai sehingga lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan kemasan plastik atau kemasan kaca yang sulit terurai dan menimbulkan masalah lingkungan.
  2. Biodegradable: Kertas juga mudah terurai secara biologi, artinya bahan ini akan dapat terurai dengan sendirinya di lingkungan dalam waktu yang relatif singkat dan tidak akan menimbulkan pencemaran yang berkepanjangan.
  3. Mudah Didaur Ulang: Kemasan kertas juga mudah didaur ulang dan dapat digunakan kembali untuk mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan.
  4. Harga terjangkau: Kemasan kertas juga lebih terjangkau dari kemasan lainnya seperti kemasan kaca atau kemasan plastik.
  5. Aman: Kertas tidak mengandung bahan berbahaya seperti bisphenol A (BPA) yang ditemukan dalam beberapa kemasan plastik.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan kemasan kertas juga memiliki beberapa kelemahan seperti mudah rusak dan tidak tahan terhadap air, sehingga harus dipilih dengan cermat sesuai dengan kebutuhan. Maka dari itu kita harus pilihh yang berkualitas. Tab Packaging selaku produsen box kemasan makanan kertas menyediakan kemasan kertas dengan kualitas yang terbaik yang tahan air dan juga panas untuk pemesanan bisa kunjungi website TAB Packaging.