Waspada sering Buang Air Kecil – Pada beberapa kesempatan, Anda pasti akan menjadi lebih sering buang air kecil. Biasanya disebabkan oleh cuaca dingin atau terlalu banyak minum air. Namun, tahukah Anda bahwa terlalu sering buang air kecil bisa menjadi tanda seseorang mengidap diabetes tipe 2? Untuk mengetahuinya secara pasti, baca ulasan berikut ini!

Waspada sering Buang Air Kecil

Ketika seseorang buang air kecil lebih sering dari biasanya, itu bisa menjadi tanda awal seseorang mengidap diabetes. Namun, ada banyak alasan yang bisa membuat seseorang lebih sering ke kamar mandi, padahal sebenarnya tidak menimbulkan hal yang merugikan.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui hubungan antara diabetes dan fungsi kandung kemih, serta tanda-tanda lain yang mungkin menunjukkan bahwa Anda perlu ke dokter, terutama saat buang air kecil lebih sering. Dengan begitu, pengobatan dini bisa dilakukan agar diabetes bisa dicegah agar tidak semakin parah.

Lalu, mengapa diabetes bisa menyebabkan penderitanya lebih sering buang air kecil?

Diabetes adalah suatu kondisi yang dapat membuat tubuh sulit menggunakan insulin dengan baik. Insulin adalah hormon yang menarik glukosa ke dalam sel-sel tubuh untuk digunakan atau diubah menjadi energi. Jika tubuh kekurangan atau tidak dapat memproduksi insulin, maka dapat meningkatkan kadar gula darah.

Ketika ada terlalu banyak gula dalam darah, ginjal bisa terbebani. Ginjal sendiri berguna untuk mengolah gula tersebut, ketika tidak berfungsi dengan baik, sebagian besar glukosa dikeluarkan dari tubuh melalui urin.

Proses keluarnya cairan tersebut dari dalam tubuh seringkali membuat penderitanya lebih sering buang air kecil, dan menjadi dehidrasi. Anda mungkin tidak menyadari bahwa buang air kecil terlalu sering bisa menjadi gejala diabetes tipe 2. Namun, jika tekanan untuk buang air kecil mulai membangunkan Anda di tengah malam dan menguras energi Anda, Anda harus benar-benar memeriksakan diri.

Anda juga dapat memesan pemeriksaan fisik untuk memastikan apakah Anda menderita diabetes tipe 2 atau tidak di rumah sakit yang bekerja sama. Hanya dengan mengunduh aplikasi kesehatan, segala kemudahan dalam mengakses kesehatan bisa didapatkan hanya dengan menggunakan smartphone di tangan, bertanya seputar biaya medical check up dapat dengan mudah dilakukan. Nikmati kemudahannya sekarang!

Bagaimana cara mengetahui apakah itu disebabkan oleh diabetes tipe 2 atau tidak?

Buang air kecil terlalu sering bisa menjadi tanda ciri tidak hanya diabetes tipe 2, tetapi juga tipe 1. Hal ini terjadi karena tubuh berusaha membuang cairan tubuh, terkadang satu-satunya cara tubuh membuang kelebihan gula dalam darah. Namun, ini bukan satu-satunya gejala yang bisa muncul. Beberapa gejala lainnya termasuk:

  • Kelelahan yang sering: Ketidakmampuan tubuh untuk memproses glukosa menjadi energi dapat membuat penderita diabetes tipe 2 merasa lelah sepanjang hari. Dehidrasi juga dapat memperburuk kelelahan.
  • Penurunan berat badan: Rendahnya insulin dan ketidakmampuan tubuh menyerap gula dari darah dapat membuat penderita diabetes tipe 2 mengalami penurunan berat badan yang cepat.
  • Penglihatan kabur: Orang dengan diabetes dapat mengalami dehidrasi, menyebabkan kekeringan mata yang parah dan mengganggu penglihatan.
  • Gusi bengkak: Orang dengan diabetes juga berisiko lebih tinggi terkena infeksi, pembengkakan, dan akumulasi nanah di gusi.

Jika Anda mendapati diri Anda lebih sering buang air kecil dan khawatir itu mungkin karena diabetes, cobalah untuk memastikan semua gejala yang tercantum di atas. Jika Anda mengalami beberapa gejala atau hanya ingin memastikan gejalanya, ada baiknya Anda berdiskusi dengan dokter atau melakukan pemeriksaan fisik. Anda juga dapat menggunakan fitur Kalkulator Risiko Diabetes untuk mengetahui seberapa besar Anda berisiko terkena diabetes tipe 2. Segeralah download aplikasi kesehatan untuk mengetahui harga medical check up di rumah sakit.