Tips Memilih Domain Yang Tepat – Memilih domain sangat berkaitan dengan sebuah website. Di zaman teknologi saat ini semua hal dapat dilakukan dengan mudah. Tapi untuk membuat website berjalan dengan baik itu salah satunya dengan memilih domain yang benar dan tepat.

Ada beberapa tips memilih domain untuk para pemula dengan tepat. Mengapa domain harus dipilih dengan tepat? Karena nama domain akan mempengaruhi blog atau website Anda dimasa yang akan datang. Mau tau tipsnya? Berikut penjelasannya.

Tips Memilih Domain Yang Tepat

Jasa pembuatan website dan maintenance akan selalu mempertimbangan dalam pemilihan domain bagi customer yang ingin membuat sebuah website. Apa saja hal yang harus diperhatikan dalam memilih nama domain. Berikut beberapa tips untuk memilih domain yang tepat bagi pemula, yaitu :

  • Hindari Domain Gratisan

Jika Anda tahu berapa harga domain untuk sebuah website, Anda pasti akan memilih membeli domain name daripada menggunakan domain gratisan. Harga yang tidak seberapa bisa berpengaruh baik terhadap website Anda. Sedangkan untuk memilih domain gratisan meskipun Anda seorang pemula sebaiknya pilih yang berbayar. Apa alsannya Anda tidak boleh menggunakan domain gratisan untuk sebuah website yang benar – benar akan digunakan dalam jangka waktu lama? Berikut alasannya.

Domain gratis itu hanya manis di awal. Iya, awalnya gratis tapi lama kelamaan akan berbayar juga. Bahkan bisa lebih mahal dari domain yang memang beli dari awal untuk bikin website. Terkadang akses domain di blok tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Maka dari itu jarang sekali jasa pembuatan website dan maintenance menggunakan domain gratisan untuk menciptakan website untuk customer.

  • Memilih Eksistensi Domain

Eksistensi domain yang biasa digunakan adalah .com tapi jika Anda tidak bisa menggunakan domain tersebut bisa gunakan .net atau .co.id (eksistensi domain yang sering dipakai di Indonesia). Kalau masih tidak bisa menggunakan 3 esksitensi tersebut maka pilihan lain yang bisa Anda gunakan adalah dengan ccTLD (Country Code Top Level). ccTLD merupakan eksistensi domain yang khusus untuk negara tertentu, misalnya Indonesia (.ID), Spanyol (.ES), India (.IN), dan lain sebagainya.

  • Gunakan Nama Domai yang Mudah Diingat

Biasanya beberapa penyedia jasa pembuatan website dan maintenance akan menggunakan nama perusahaan sebagai nama domain dan ditambahkan dengan eksistensi domain. Jarang sekali menggunakan angka untuk domain website yang akan dibuat. Nama domain terlalu panjang dengan ejaan yang sulit pun sebaiknya jangan Anda lakukan ya. Ingat, nama domain yang mudah diingat saja.

Nah, setelah pembuatan website selesai dengan nama domain yang sesuai dan tepat. Langkah berikutnya adalah mempromosikan website Anda kepada masyarakat maupun pengguna internet. Ini ada hubungannya dengan kegiatan SEO. Anda bisa gunakan jasa pembuatan website dan SEO di kota Anda dengan beberapa penawaran yang bisa Anda dapatkan.

Maksimalkan kegiatan SEO on page dan SEO off page pada website Anda untuk mendaptkan traffic yang baik. Semakin baik maka website Anda akan tampil pada halaman pertama di mesin pencaharian Google.