Susah Duduk Karena Fistula Ani Ini Solusinya – Fistula Ani terjadi saat terjadi infeksi pada terowongan yang menghubungkan kulit dan anus. Anus adalah lubang kecil di mana tinja dikeluarkan dari tubuh. Di dalamnya terdapat sejumlah kelenjar kecil, jika terjadi sumbatan yang memungkinkan terbentuknya abses. Abses ini dapat berkembang menjadi fistula.

Susah Duduk Karena Fistula Ani Ini Solusinya

Padahal, fistula abses yang terjadi akibat penyumbatan salah satu kelenjar di rektum jarang terjadi. Biasanya, kondisi medis tertentu dapat membuat fistula berisiko, seperti TBC, penyakit menular seksual, atau penyakit yang memengaruhi usus. Inilah sebabnya mengapa fistula ani membutuhkan perawatan segera.

Gejala yang biasa terjadi saat Anda mengalami gangguan kesehatan ini antara lain nyeri dan perubahan warna rektum yang kemerahan dan bengkak. Anda mungkin mengalami pendarahan, nyeri saat buang air kecil dan besar, demam dan keluarnya cairan berbau busuk dari rektum. Tentu saja hal ini menghambat kenyamanan dan aktivitas, terutama saat Anda duduk.

Bagaimana cara mengobati fistula ani?

Pengobatan fistula ani dilakukan dengan pembedahan, karena gangguan kesehatan ini jarang sembuh dengan sendirinya. Pilihan metode pembedahan tergantung pada posisi fistula, apakah itu saluran tunggal atau cabang ke arah yang berbeda. Tujuan dari operasi ini adalah untuk mengobati fistula sekaligus mencegah kerusakan pada sfingter annular yang membuka dan menutup saluran anus. Pilihan pembedahan adalah sebagai berikut:

Fistulotomi

Cara mengobati fistula ani pertama dengan fistulotomi. Prosedur ini melibatkan pemotongan di sepanjang fistula untuk membukanya sehingga sembuh nanti, meninggalkan bekas luka yang rata. Perawatan ini dianggap cukup efektif, meskipun dalam beberapa keadaan hanya cocok untuk fistula yang tidak melewati banyak sfingter, karena menimbulkan risiko kecil inkontinensia.

teknik seton

Jika fistula melewati sebagian besar sfingter, dokter Anda mungkin merekomendasikan memasukkan satu seton, panjang benang bedah yang tersisa di fistula selama beberapa minggu agar tetap terbuka. Kondisi ini membantu mengeringkan dan menyembuhkan tanpa memotong sfingter.

Bioprostesis

Cara mengobati fistula ani dengan bioprostesis yang dilakukan ketika fistula ani berisiko tinggi mengalami inkontinensia adalah melalui prosedur bioprostetik. Ini adalah sumbat berbentuk kerucut yang terbuat dari jaringan hewan yang digunakan untuk memblokir pembukaan internal fistula.

Lem Fibrin

Penggunaan lem fibrin sebagai metode pengobatan fistula ani merupakan metode non-bedah yang sudah ada. Lem khusus disuntikkan ke dalam fistula untuk menutup dan menyembuhkan fistula. Hasilnya mungkin kurang tahan lama dibandingkan fistulotomi, tetapi mungkin merupakan pilihan terbaik untuk fistula yang tidak melewati sfingter karena tidak memerlukan pemotongan.

Semua metode pengobatan fistula ani dengan operasi selalu memiliki risiko. Jadi tanyakan kepada dokter Anda terlebih dahulu sebelum memilih salah satu.

Mungkin hanya ini informasi yang dapat kami sampaikan semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda semua.