Pentingnya Mengetahui Alergi pada Anak – Tubuh anak masih tergolong rentan terhadap berbagai jenis gangguan. Salah satu masalah yang bisa muncul adalah alergi pada anak. Beberapa jenis lebih berisiko, jadi semua orang tua harus menyadari hal ini.

Pentingnya Mengetahui Alergi pada Anak

Ketika dia masih kecil, tubuhnya masih relatif lemah dari semua penyebab penyakit. Ini karena sistem kekebalan tubuh yang belum matang. Masalah ini juga cenderung menyebabkan alergi pada anak. Namun, banyak alergi yang bisa menyerang anak, sehingga ibu harus mewaspadai jenis-jenis tertentu yang bisa terjadi. Berikut ulasan lengkapnya!

Alergi adalah reaksi abnormal dari sistem kekebalan tubuh terhadap sesuatu yang umumnya tidak berbahaya bagi kebanyakan orang. Ketika masalah ini terjadi, sistem kekebalan tubuh melakukan kesalahan jika zat tersebut dapat membahayakan tubuh. Selain itu, zat yang dapat menyebabkan reaksi alergi disebut juga dengan alergen.

Ketika tubuh mendeteksi alergen, sistem kekebalan memperlakukannya sebagai penyerbu berbahaya dan mencoba melawannya. Dalam proses ini, anak dapat menimbulkan gejala yang mengkhawatirkan, bahkan serius atau bahkan fatal, jika tidak segera ditangani.

Oleh karena itu, setiap ibu harus mewaspadai beberapa jenis alergi yang bisa terjadi pada anak, di antaranya:

  1. Alergi serbuk sari

Salah satu alergi yang bisa terjadi pada anak bisa disebabkan oleh serbuk sari. Beberapa pohon, gulma, dan rerumputan dapat melepaskan partikel kecil ke udara yang berguna untuk menyuburkan tanaman di sekitarnya. Jika terhirup atau kontak dengan bayi ibu, gejala alergi dapat muncul segera setelahnya.

  1. Alergi hewan

Hewan peliharaan juga merupakan salah satu gangguan alergi yang paling umum pada anak-anak. Hal ini disebabkan oleh bulu dan air liur hewan, seperti kucing dan anjing. Ketika hewan menjilat dirinya sendiri, air liur menembus bulu dan dapat tersebar di udara atau disimpan di jaringan. Jika anak Anda memiliki alergi ini, yang terbaik adalah menjauh dari hewan peliharaan untuk menghindari kekambuhan.

  1. Alergi susu sapi

Dilaporkan bahwa sekitar 2 hingga 3 persen anak di bawah usia 3 tahun alergi terhadap protein susu sapi dan susu formula sapi. Hal ini dikarenakan kebanyakan susu formula bayi terbuat dari susu sapi, sehingga sulit bagi para ibu untuk mencari pengganti susu tanpa bahan-bahan tersebut. Selain itu, protein susu juga bisa menjadi bahan pokok dalam makanan siap saji yang sebaiknya ibu hindari untuk diberikan kepada anak.

  1. Alergi gandum

Protein gandum ditemukan dalam banyak makanan dan dapat menyebabkan alergi pada anak-anak. Banyak orang yang salah mengartikannya dengan penyakit celiac, padahal keduanya berbeda. Penyakit celiac adalah kepekaan tubuh terhadap gluten. Namun, alergi gandum dapat menyebabkan masalah yang lebih serius ketika muncul dan tidak ditangani dengan cepat. Reaksi serius yang terjadi bisa mengancam nyawa anak.

Berikut beberapa alergi yang bisa terjadi pada anak yang harus diketahui setiap ibu. Dengan mengetahui sejak dini tentang alergi yang dialami anak, ibu dapat mencegah efek samping yang tidak diinginkan ketika anak mengalami masalah tersebut. Penting juga untuk mengunjungi dokter secara teratur untuk memastikan tubuh Anda tetap sehat.

Mungkin itu saja informasi yang dapat kami sampaikan untuk Anda semua, semoga informasi yang sudah kami sampaikan diatas dapat bermanfaat untuk Anda semua. Kunjungi situs dari Plazamedis untuk mendapatkan berbagai macam promo menarik mengenai biaya medical check up.