Pengobatan baru untuk Kanker Payudara – Di AS, kanker payudara adalah kanker yang paling sering didiagnosis pada wanita, dan penyebab utama kedua kematian terkait kanker. Setiap tahun, diperkirakan 270.000 wanita – dan jumlah pria yang jauh lebih kecil – didiagnosis dengan penyakit ini. Ketika tertangkap pada tahap awal, biasanya sangat bisa diobati.

Pengobatan baru untuk Kanker Payudara

Sebuah bentuk baru yang menjanjikan dari pengobatan bertarget dapat memperluas pilihan yang tersedia untuk beberapa wanita dengan kanker payudara stadium awal yang terkait dengan kelainan genetik tertentu. (Kanker stadium awal belum menyebar ke organ atau jaringan jauh di dalam tubuh.)

Gen BRCA: Apa fungsinya?

Anda mungkin pernah mendengar istilah gen BRCA (BReast CAncer), yang mengacu pada gen BRCA1 dan BRCA2. Biasanya, gen BRCA membantu memperbaiki kerusakan DNA kita (kode genetik) yang terjadi secara teratur di sel-sel di seluruh tubuh manusia.

Baca Juga: Jenis Olahraga untuk Pengidap Sakit Ginjal

Mutasi BRCA yang diwariskan adalah perubahan abnormal pada gen ini yang diturunkan dari orang tua ke anak. Ketika seseorang mengalami mutasi BRCA, tubuh mereka tidak dapat memperbaiki kerusakan DNA rutin pada sel dengan mudah. Akumulasi kerusakan sel ini dapat membantu membuka jalan menuju kanker.

Pengobatan baru untuk Kanker Payudara

Memiliki mutasi BRCA1 atau BRCA2 – atau keduanya – menempatkan seseorang pada risiko yang lebih tinggi untuk kanker payudara, ovarium, prostat, atau pankreas; atau untuk melanoma. Risiko seseorang terkena kanker payudara juga dapat dipengaruhi oleh mutasi gen lain dan faktor lainnya.

Baca Juga: Ini dia 5 Cara mengobati Gusi Bengkak

Secara keseluruhan, hanya 3% hingga 5% dari semua wanita dengan kanker payudara yang mengalami mutasi pada gen BRCA. Namun, mutasi BRCA lebih sering terjadi pada kelompok orang tertentu, seperti mereka yang menderita kanker payudara tiga kali lipat negatif (TNBC), keturunan Yahudi Ashkenazi, riwayat keluarga yang kuat dengan kanker payudara dan/atau ovarium, dan wanita yang lebih muda dengan kanker payudara.

Penting buka mengetahui secara dini penyakit kanker payudara yang ada pada tubuh kita. Maka dari itu penting sekali untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh untuk mengetahui berbagai macam penyakit yang ada dalam diri kita. Dapatkan layanan Paket Medical Check Up dengan mudah hanya dengan mengunjungi situs dari Plaza Medis.

Mutasi BRCA yang diwariskan dan jenis kanker payudara

Beberapa jenis kanker payudara umumnya ditemukan pada wanita dengan mutasi gen BRCA.

Reseptor estrogen positif, kanker HER2-negatif: Wanita dengan mutasi BRCA2 biasanya mengembangkan ER+/HER2- kanker payudara — yaitu, sel kanker yang dipicu oleh hormon estrogen tetapi tidak oleh protein yang dikenal sebagai HER2 (faktor pertumbuhan epidermal manusia 2) .

Baca Juga: Tips Menjaga Kesehatan Mata Anak

Kanker payudara tiga kali lipat negatif: Wanita dengan mutasi BRCA1 lebih mungkin mengembangkan kanker payudara tiga kali lipat negatif (ER-/PR-/HER2-) — yaitu, sel kanker yang tidak dipicu oleh hormon estrogen dan progesteron, atau oleh HER2.

Mengetahui apa yang mendorong berbagai jenis kanker payudara untuk tumbuh membantu para ilmuwan mengembangkan perawatan baru, dan membantu dokter memilih perawatan yang tersedia untuk memperlambat atau menghentikan pertumbuhan tumor. Seringkali ini melibatkan kombinasi perawatan.

Obat baru yang ditujukan untuk kanker payudara stadium awal terkait BRCA

Uji coba OlympiA mendaftarkan wanita dengan kanker payudara stadium awal dan mewarisi mutasi BRCA1/BRCA2. Semua berisiko tinggi untuk kambuhnya kanker payudara meskipun pengobatan standar.

Baca Juga: Cara Mengatasi Hidung Mampet Tanpa Obat

Peserta studi telah menerima terapi standar untuk kanker payudara:

  • pembedahan (mastektomi atau lumpektomi)
  • kemoterapi (diberikan sebelum atau sesudah operasi)
  • kemungkinan radiasi
  • mungkin pengobatan pemblokiran hormon yang dikenal sebagai terapi endokrin.

Ingin mendapatkan informasi menarik lainnya seputar kesehatan? Yuk kunjungi situs dari Plazamedis yang sudah dikenal lama sebagai salah satu perusahaan kesehatan yang menyediakan berbagai macam layanan Paket Medical Check Up di Indonesia.