Pahami Link Building dalam SEO – Sebagai bagian dari SEO situs web, pembuatan tautan memainkan peran penting dalam kinerja situs web. Tetapi harus digarisbawahi bahwa kualitas tautan jauh lebih baik daripada kuantitas. Setelah Anda mengetahui apa itu link building dan apa manfaatnya, ada baiknya Anda mengetahui jenis link apa saja yang bisa diterapkan. Hal ini dianggap penting untuk menghasilkan backlink yang berkualitas.

Pahami Link Building dalam SEO

Dalam strategi SEO kita memang sangat penting untuk memahami akan betul mengenai SEO itu apa. Maka dari itu pada kesempatan kali ini kami akan membagikan kepada Anda semua mengenai link building dalam SEO. Berikut merupakan link building dalam SEO yang sudah kami kutip dari situs Jasa SEO Jakarta diantaranya.

  1. Bangun tautan penjangkauan

Situs web baru atau tidak dikenal dapat menggunakan jenis pembuatan tautan ini. Jenis ini mengharuskan Anda untuk menemukan situs web yang Anda targetkan sebagai tautan. Anda bisa mendapatkan link dari website berupa situs forum, website direktori, hingga website berupa blog yang bisa Anda kerjakan untuk memposting backlink.

Secara umum, jenis link building ini akan lebih baik digunakan pada situs target yang relevan dengan website Anda. Tak jarang, link building ini berupa artikel yang berisi link tujuan.

  1. Bangunan Tautan Alami

Membangun tautan alami sering dianggap yang paling mudah dan terbaik karena lebih fleksibel. Tipe link building ini berbeda dengan tipe outreach. Jenis ini mengharuskan orang lain untuk menyertakan tautan ke artikel atau konten Anda. Biasanya, tautan ini dapat dianggap sebagai sumber informasi atau sumber konten tertulis.

Tak sedikit juga yang menggunakan jenis ini sebagai ahli statistik atau infografis untuk sebuah situs. Padahal, wawancara atau informasi terkait website Anda bisa menjadi backlink yang menarik. Bisa dibilang jenis ini adalah link yang dibuat secara sukarela oleh sebuah website, yang kemudian mengarahkan pembaca ke halaman yang sedang Anda gunakan.

Namun perlu diingat bahwa Anda juga harus bisa membuat website yang berkualitas. Buat orang jatuh cinta dengan konten website Anda sehingga orang lain akan dengan sukarela memasukkan situs Anda sebagai sumber link.

  1. Pembuatan Tautan Salah Tempat

Banyak orang salah mengartikan apa itu link building dan kemudian membuat link sebagai menyesatkan. Disebut bid’ah karena tujuannya tidak penting dan hanya untuk menarik traffic. Tautan ini sering ditemukan dalam bentuk spam komentar di situs blog atau thread forum hingga backlink berbayar. Hindari ini karena dapat didenda dan dihapus dari situs web.

Singkatnya, link building memang digunakan untuk membantu meningkatkan SEO pada website yang digunakan. Semakin menarik sumber backlink dan semakin banyak kuantitas, semakin banyak lalu lintas yang akan Anda dapatkan. Namun, lebih baik menggunakan jenis bangunan tautan dan penjangkauan alami karena positif dan mematuhi aturan SEO yang direkomendasikan oleh Google.

Mungkin itu saja informasi yang dapat kami sampaikan untuk Anda semua, kunjungi situs dari Jasa SEO Terbaik untuk mendapatkan berbagai macam informasi menarik lainnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda semua.