Nutrisi Manisnya Khasiat Ubi Jalar – Ubi jalar atau yang juga dikenal dengan ubi jalar mengandung nutrisi yang dapat membantu melawan berbagai penyakit. Penelitian menunjukkan bahwa makan ubi jalar bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, dan obesitas. Lantas, apa saja manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari ubi jalar? Simak penjelasan berikut ini.

Nutrisi Manisnya Khasiat Ubi Jalar

Selain bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit berbahaya, ubi jalar memiliki kegunaan lain. Terutama yang berkaitan dengan peningkatan energi dan sistem kekebalan tubuh, serta penurunan berat badan. Ubi jalar bisa diolah dengan cara direbus, dipanggang, atau dimakan dihaluskan. Setelah dimasak, tanaman umbi ini memiliki rasa manis alami, sehingga bisa langsung dimakan tanpa menambahkan gula.

Nilai gizi dalam ubi jalar

Setiap orang harus memasukkan ubi jalar dalam daftar makanan sehat yang dikonsumsi sehari-hari. Karena makanan ini mengandung banyak vitamin A, maka cukup untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh. Selain itu, ubi jalar juga menyediakan 37 persen kebutuhan tubuh akan vitamin C.

Ubi jalar ukuran sedang yang dipanggang hanya memiliki 105 kalori, sehingga cocok untuk Anda yang sedang program penurunan berat badan. Ubi jalar juga mengandung serat dan hampir tidak mengandung lemak.

Nutrisi penting lainnya dalam ubi jalar termasuk 25 persen mangan, 14 persen vitamin B6 dan 9 persen kalium.

Selain itu, ubi jalar mengandung nutrisi lain yang tidak kalah penting manfaatnya, seperti:

Kolin

Kolin merupakan zat serbaguna yang sangat penting bagi tubuh. Disebut serbaguna karena zat ini membantu proses kimia dalam sel saraf, membantu penyerapan lemak dan menjaga struktur membran sel. Selain itu, kolin juga membantu dalam membantu gerakan otot, tidur, belajar dan memori. Sebuah penelitian menemukan bahwa manfaat ekstrak ubi jalar juga anti inflamasi dan menangkal radikal bebas.

beta karoten

Zat ini tidak hanya memberi warna cerah pada ubi jalar, tetapi juga menawarkan banyak manfaat. Beta-karoten berperan dalam memperlambat penuaan dan melindungi tubuh dari berbagai penyakit, termasuk penyakit jantung, kanker, dan asma. Beta-karoten di dalam tubuh diubah menjadi vitamin A. Oleh karena itu, mengonsumsi makanan yang mengandung beta-karoten dapat membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan mata, mencegah kerusakan saraf, dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Serat dan Kalium

Ubi jalar berukuran sedang mengandung 4 gram serat dan sekitar 438 mg potasium. Penting untuk diketahui bahwa kulit ubi jalar mengandung dua zat ini. Meski ada kulit ubi jalar yang berwarna coklat, ungu atau kuning, namun nilai gizinya tetap sama. Saat mengkonsumsi ubi jalar, usahakan untuk tidak mengupas kulitnya agar bisa memetik manfaat yang maksimal.

Manfaat ubi jalar untuk kesehatan

Diperkirakan bahwa beberapa risiko penyakit dapat dikurangi dengan mengkonsumsi ubi jalar secara teratur. Penyakit-penyakit tersebut antara lain:

Kanker

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kandungan beta-karoten dalam ubi jalar membuat makanan ini bermanfaat dalam mencegah kanker. Penelitian menunjukkan bahwa beta-karoten dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker perut, payudara, dan ginjal.

Imun

Sekali lagi, beta-karoten dalam ubi jalar memainkan peran besar. Zat ini bekerja sama dengan vitamin C dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Kedua zat ini, yang juga memiliki sifat antioksidan, membuat kombinasi nutrisi yang kuat untuk mendukung sistem kekebalan tubuh.

Pencernaan

Kandungan serat yang tinggi dalam ubi jalar membantu meningkatkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit.

diabetes mellitus

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ubi jalar dapat menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes. Ubi jalar juga diduga mampu menurunkan resistensi sel terhadap insulin dan menurunkan kadar HbA1C darah yang meningkat pada penderita diabetes. Namun, penelitian tersebut masih terbatas pada penelitian berkualitas rendah dan data tersebut perlu penelitian lebih lanjut.

Makanan ubi jalar rebus biasanya dianggap sebagai hidangan tradisional. Tetap saja, Anda tidak boleh disalahartikan sebagai makanan yang rendah nutrisi. Untuk menikmati manfaat ubi jalar, makanlah lebih sering sebagai makanan utama atau sebagai camilan di waktu senggang Anda.

Jika anda tidak enak badan atau kurang fit segera pergi untuk medical check up, untuk biaya medical check up bisa anda lihat di website kesehatan yang tersedia di internet. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua.