Material dasar Pembuatan Tiang Lampu – Lampu jalan merupakan salah satu infrastruktur yang wajib ada pada setiap jalan baik jalan kota ataupun pedesaan. Menurut pemerintah daerah pun setiap jalan memang wajib dihadirkan sebuah tiang lampu jalan agar dapat membantu penglihatan para pengguna jalan agar lebih nyaman.

Material dasar Pembuatan Tiang Lampu

Bahan dasar dalam pembuatan tiang lampu penerangan jalan umum harus menggunakan bahan yang berkualitas. Hal ini perlu dilakukan agar tiang lampu yang kita gunakan dapat tetap kuat dari hantaman hujan lebat dan panasnya terik matahari. Material dalam pembuatan tiang lampu jalan umum ada beberapa jenis. Bahan tersebut tentunya mempengaruhi ketahanan, dan keawetan dari tiang lampu tersebut. Berikut merupakan tiga bahan dasar yang umum digunakan pada tiang lampu jalan sebagai berikut:

  1. Besi Baja

Ketika kalian mendapati pabrikasi tiang lampu jalan dengan harga yang cukup fantastis, mungkin saja tiang lampu tersebut menggunakan besi baja yang berkualitas. Sebab, ketika tiang lampu menggunakan material besi baja yang berkualitas, sudah pasti tiang lampu yang dihasilkan akan mampu bertahan hingga puluhan tahun. Tetapi, jika besi baja yang digunakan berkualitas rendah, sudah pasti tiang lampu tersebut tidak akan dapat bertahan hingga lama.

Untuk menemukan pabrikasi tiang lampu jalan yang berkualitas, kalian dapat mencarinya dengan mesin pencari. Seperti yang kita ketahui bahwa segala informasi begitu cepat didapatkan ketika kita berselancar pada internet.

  1. Logam Pipa

Bahan dasar dalam lampu tiang ini seringkali digunakan untuk lampu tiang PJU dekoratif dan lampu tiang klasik. Pabrikasi tiang lampu jalan yang memberikan harga cukup terjangkau sangat mudah kamu temukan juga. Bahan dasar ini tentu saja menggunakan logam pipa plate dengan kualitas SNI. Lampu- lampu jenis ini biasanya ditempatkan di area kolam renang, taman, halaman, bahkan pedestrian. Bahannya akan jauh lebih ringan jika dibanding besi baja karena biasanya selain fungsinya sebagai penerangan juga sebagai hiasan.

  1. Pipa Besi Bulat

Bahan dasar dalam lampu tiang selanjutnya adalah pipa besi bulat. Seringkali penggunaan bahan dasar ini dikombinasi oleh FRP. Kemudian untuk konstruksi pondasi baseplate dengan lubang baut, KAP lampu menggunakan FRP komposit atau kombinasi bahan logam. Tiang lampu dengan bahan dasar pipa besi bulat umumnya digunakan pada jenis tiang lampu antik. Sekarang ini juga sudah banyak supplier yang menyediakan berbagai macam tiang lampu murah dengan kualitas terjamin.

Mungkin itu saja penjelasan yang dapat kami sampaikan untuk Anda semua, semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat untuk kalian semua. Untuk Anda yang masih bingung dengan penjelasan diatas dapat meninggalkan pertanyaan pada kolom komentar yang tersedia pada website kami.