Makanan Diet Pengganti Nasi – Makanan dengan kandungan karbohidrat wajib dikonsumsi rutin untuk menambah energi tubuh setiap harinya. Sumber makanan yang mengandung karbohidrat dan sering di konsumsi masyarakat indonesia adalah Nasi. Namun apabila kalian mengkonsumsi nasi yang berlebihan dapat berdampak juga bagi kesehatan diri kalian.

Makanan Diet Pengganti Nasi

Mengkonsumsi nasi yang berlebih dapat mengakibatkan penyakit diabetes serta dapat menambah berat badan yang berlebih. Untuk menghindari masalah itu datang ke diri kalian, langkah yang tepat yang dapat kalian lakukan adalah mengganti nasi dengan makanan lainnya yang pasti makanan lainnya juga harus lebih sehat.

Untuk kalian yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan atau sedang lagi diet, mengurangi makan nasi dapat menurunkan kadar gula yang ada pada tubuh kita. Kalian dapat mengganti nasi dengan makanan lainnya yang mengandung karbohidrat. Mau bagaimana pun tubuh kita juga membutuhkan karbohidrat untuk bahan bakar energi.

Pada kesempatan kali ini, kami ingin membahas kepada kalian semua mengenai makanan diet pengganti nasi. Untuk kalian yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan kalian dapat mencoba makanan berikut ini.

1. Kentang

Makanan Diet Pengganti Nasi

Selain nasi, kentang juga salah satu makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Kentang ini juga dapat kalian gunakan sebagai pengganti makanan pokok nasi. Makanan ini juga cukup populer serta sering di konsumsi banyak orang.

Bagi kalian yang sedang mencari makanan diet pengganti nasi dapat mencoba makanan yang satu ini. Dalam kentang juga terkandung pati resisten, yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal kalian harus mengolah kentang dengan cara di rebus atau di kukus. Hindari kentang dengan olahan di goreng, sebab apabila kalian mengkonsumsi kentang dengan olahan goreng itu sama aja menambah asupan lemak yang masuk ke dalam tubuh kalian.

2. Jagung

Makanan Diet Pengganti Nasi

Banyak orang mengonsumsi jagung sebagai bahan makanan pokok pengganti nasi. Di berbagai wilayah di Indonesia banyak yang mengolah jagung menjadi nasi jagung yang dapat mengenyangkan perut.  Mengonsumsi jagung juga bermanfaat karena, jagung mengandung berbagai nutrisi yang dapat menyehatkan tubuh, beberapa di antaranya adalah vitamin C, vitamin A, dan antioksidan yang cukup tinggi.

Usahakan untuk selalu mengonsumsi jagung yang masih dalam keadaan segar, atau tidak mengonsumsi jagung yang berada di dalam kemasan kaleng atau beku. Karena jagung yang dikemas dengan kaleng sudah pasti jagung tersebut sudah mengalami olahan sedemikian rupa hingga tidak baik untuk kalian konsumsi.

3. UBI

Makanan Diet Pengganti Nasi

Ubi merupakan satu di antara banyak makanan favorit bagi masyarakat Indonesia. Ubi sering dijadikan makanan pengganti nasi yang lebih menyehatkan dan dapat dikonsumsi secara rutin. Mungkin sebagian orang beranggapan ubi ini adalah makanan untuk orang kampung dll, namun perlu kalian ketahui mengapa orang desa lebih sehat fisiknya dibandingkan dengan orang kota.

Sebab orang desa rajin mengkonsumsi makanan yang sehat, berbeda dengan orang kota yang rajin mengkonsumsi makanan olahan yang sudah pasti tidak sehat bagi tubuh. Ubi biasanya disajikan dalam bentuk kukus, panggang, atau rebus. Selain itu di beberapa daerah di Indonesia, ubi juga dicampurkan ke dalam masakan lain.

4. Beras Merah

Makanan Diet Pengganti Nasi

Beras merah dapat dijadikan makanan diet pengganti nasi yang mengandung karbohidrat cukup tinggi serta menjadi makanan pengganti nasi putih yang cukup baik. Rasanya tidak jauh beda dengan nasi, sehingga membuat banyak orang mengganti nasi putih dengan beras merah.

Beras merah memiliki kandungan gula yang lebih sedikit daripada nasi putih biasa. Beras merah dapat dijadikan alternatif bagi mereka yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Selain itu beras merah juga mengandung vitamin B6 dan zat besi yang dapat membantu memperlancar produksi sel darah merah. Makanan ini juga mengandung sifat antioksidan yang baik dalam melawan radikal bebas yang ada pada tubuh kita.

5. Oatmeal

Makanan Diet Pengganti Nasi

Oatmeal merupakan makanan diet pengganti nasi yang terbuat dari gandum utuh dan menjadi makanan sumber karbohidrat yang dapat dijadikan alternatif pengganti nasi putih.

Oatmeal sering disajikan saat sarapan atau makan pagi. Selain menjadi sumber karbohidrat yang baik, oatmeal juga mengandung banyak serat yang dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama.

Untuk mengonsumsi oatmeal Anda dapat mencampurkan nya dengan yoghurt dan berbagai jenis buah-buahan seperti stroberi dan pisang, selain menambah citarasa, hal tersebut juga dapat menambah asupan nutrisi ke dalam tubuh.

Mungkin itu saja penjelasan yang dapat kami sampaikan untuk kalian semua, semoga penjelasan makanan diet pengganti nasi diatas dapat menjadi referensi kalian yang sedang ingin menurunkan berat badan. Jalankan pola hidup yang sehat pada diri kalian sedini mungkin.