Komponen Utama Pada Gearbox Motor – Salah satu fungsi dari gearmotor adalah menyalurkan power atau tenaga mesin yang diarahkan ke salah satu bagian mesin lainnya agar unit tersebut dapat bergerak menghasilkan gerak yang baik berputar maupun bergeser secara stabil.

Komponen Utama Pada Gearbox Motor

Gearbox adalah mesin yang dibutuhkan untuk mengatur tenaga atau torsi dari motor yang bergerak dan berputar. Fungsi lain dari gearbox adalah mengubah tenaga dari mesin yang sedang berjalan menjadi lebih banyak tenaga. Pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa komponen utama motor gearbox.

  • Cove input shaft Berfungsi sebagai penerus putaran motor penggerak.
  • Worm Shaft Melanjutkan perputaran roda gigi cacing ke poros keluaran
  • Worm gear Berfungsi sebagai penerus putaran poros keluaran dari poros masukan
  • Oil Seal Berfungsi sebagai penahan agar oli tidak bocor dari poros motor
  • Penutup luar Berfungsi sebagai penutup lubang poros keluaran
  • Gasket berfungsi sebagai penampung oli agar tidak bocor
  • Penutup lubang oli Berfungsi sebagai saluran masuk oli
  • Frame Berfungsi sebagai rumah dari gearbox
  • Jenis-jenis gearbox yang umum di pasaran adalah sebagai berikut

WPA, WPO dan WPX: Jenis gearbox yang umum di pasaran dan juga mudah ditemukan adalah WPA, WPO dan WPX. Ketiga jenis gearbox ini berada dalam satu keluarga. Ketiga jenis gearbox ini memiliki fungsi yang kurang lebih sama yaitu sebagai peredam kecepatan. Namun pengurangan kecepatan WPA dianggap paling unggul dari ketiga jenis yang disebut. Namun dari segi nilai jual, harga gearbox WPX lebih tinggi di pasaran.

Gearbox cacing: Jenis ini dapat mengurangi rasio roda gigi maksimum antara poros roda gigi. Gearbox cacing digunakan untuk mentransmisikan daya dan dilengkapi dengan roda dengan diameter yang cukup besar. Gearbox cacing digunakan untuk menyesuaikan instrumen, elevator, dan gerbang. Namun, tipe ini juga bisa digunakan untuk operasi berat. Jenis industri lain yang juga menggunakan worm gearbox adalah pupuk, bahan kimia, dan mineral. Bahan yang paling umum digunakan untuk worm gearbox adalah aluminium dan baja tahan karat.

Bevel Gearbox: Ciri utama gearbox untuk mesin penggerak ini adalah bentuk kerucut yang dikelilingi oleh gigi. Model ini juga sering digunakan untuk menggerakkan dua batang girboks yang tidak tersambung. Bevel bevel bevel gearbox banyak digunakan di industri pertambangan dan transportasi. Umumnya material yang digunakan untuk membuat gearbox ini adalah besi. Beberapa produsen menggunakan aluminium sebagai bahan dasar pembuatannya.

Baca Juga : Jual Electric Motor

Itu tadi beberapa komponen kunci pada motor gearbox yang umum beredar di pasaran. Ada beberapa jenis gearbox lain yang bisa anda gunakan untuk transmisi pada mesin yang anda gunakan