Kolesterol Tinggi Penyebab Batu Empedu – Kolesterol sangat berpengaruh terhadap tubuh untuk memproduksi sel – sel sehat, sejumlah hormon, dan vitamin D. Kolesterol merupakan salah satu jenis lemak yang menyerupai lilin. Namun, kolesterol yang berlebihan tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Kolesterol Tinggi Penyebab Batu Empedu

Kolesterol dikenal sebagai penyebab jantung dan stroke. Tapi, kolesterol tinggi mengakibatkan munculnya batu empedu. Jika kadar kolesterol terlalu tinggi, maka kolesterol akan menumpuk dalam tubuh dan memicu pembentukan batu empedu.

Walaupun kolesterol dibutuhkan oleh tubuh, tapi segala sesuatu yang berlebihan pun akan tidak baik. Sama saja jika tubuh kita mengandung kolesterol yang berlebihan. Di mana kolesterol dapat mengendap pada dinding pembuluh darah. Untuk itu sebaiknya anda yang memiliki kolesterol hindari makanan berlemak,

Mengingat risiko kolesterol tinggi, pemeriksaan dianjurkan oleh dokter umum maupun dokter spesialis batu empedu bagi orang dengan kondisi sebagai berikut :

  • Memiliki riwayat keluarga kolesterol tinggi
  • Menderita penyakit jantung dan pembuluh darah
  • Menderita hipertensi atau diabetes
  • Memiliki berat badan berlebih

Medical check up itu perlu, sehingga apapun bisa terdeteksi sejak dini. Tidak akan mempersulit keadaan menjadi semakin buruk. Bahkan kolesterol kadar tinggi bisa merujuk dengan dokter ahli bedah digestif, di mana diperlukannya tindakan pembedahan untuk mengatasi permasalahan jantung dan batu empedu yang terjadi.

Lalu Apa Yang Dimaksud Batu Empedu?

Kantung Empedu adalah organ berukuran kecil yang berada di bawah organ hati. Sedangkan batu empedu merupakan batuan kecil yang berasal dari penumpukkan kolesterol dan terbentuk di dalam kantung empedu. Sehingga timbullah rasa sakit pada bagian perut.

Batu empedu memiliki ukuran yang bermacam – macam. Ada dua jenis batu empedu yang mungkin dimiliki oleh seseorang yang mengidap penyakit batu empedu, antara lain:

Batu kolesterol : penyakit yang memiliki batu berwarna kuning, kolesterol ini tidak dapat dicerna.

Batu pigmen : penyakit dengan adanya batu yang mengandung bilirubin berlebihan, sehingga warna yang dihasilkan cenderung coklat tua dan kehitaman.

Dokter spesialis batu empedu akan melakukan tindakan apabila sudah menemukan hasil pemeriksaan yang akurat melalui beberapa prosedur. Tindakan operasi yang dikenal dengan kolesistektomi laparoskopi. Mau tidak mau akan dilakukan pengangkatan batu empedu. Tapi anda tidak perlu khawatir, karena hati anda akan tetap mengeluarkan cairan empedu untuk membantu mencerna lemak.

Maka, berhati – hati lah bagi anda yang belum terkena kolesterol. Usahakan kolesterol anda pada batas normal, tidak kurang dan tidak lebih. Semua terjadi karena makanan yang anda konsumsi. Batasi makanan berlemak, junk food, daging merah, dan lainnya. Atur gaya hidup anda menjadi sehat, dengan rajin berolahraga, minum air putih yang cukup. Konsultasikan kepada dokter spesialis batu empedu jika terjadi gejala – gejala nyeri pada bagian perut secara berlebihan disertai mual muntah, dan demam tinggi.