Mengapa Harus Menggunakan Google Site Kit – Google Site Kit adalah plugin yang dapat digunakan oleh pengguna WordPress untuk menampilkan data kinerja situs web di Google. Padahal, sebelumnya Google telah merilis beberapa tools plugin yang memiliki fungsi berbeda. Namun, tool yang tidak terintegrasi ini menyebabkan pengguna memasang banyak plugin.

Mengapa Harus Menggunakan Google Site Kit

Nah, Google Site Kit dirancang oleh Google Developers untuk mengintegrasikan beberapa layanan plugin Google menjadi satu. Google Site Kit memungkinkan Anda melihat analitik dari berbagai tool Google secara sekilas di dasbor WordPress Anda.

Sebenarnya plugin ini dirilis pada tanggal 31 Oktober 2019. Meskipun merupakan plugin baru, Google Site Kit sudah dipasang oleh lebih dari 700.000 pengguna per Oktober 2020 lho! Mengapa begitu banyak yang menggunakan Google Site Kit?

Plugin ini tentunya sangat berguna bagi pengguna untuk melacak dan menganalisis kinerja situs mereka. Itu sebabnya banyak sekali pengguna plugin ini dan reviewnya juga relatif bagus.

Laporan atau data dari berbagai plugin Google di dashboard WordPress Anda dalam bentuk ringkasan. Namun, ada juga tautan ke setiap tool untuk melihat data pelaporan yang lebih komprehensif.

Fungsi Utama di Google Site Kit

Fungsi utama Google Site Kit adalah untuk memfasilitasi akses data ke beberapa tool Google secara bersamaan. Plugin ini tidak hanya gratis, tetapi juga sederhana dan informatif. Jadi tool apa yang dapat Anda integrasikan ke dalam Google Site Kit?

  1. Google Search Console

Jika Anda ingin melacak kinerja situs web Anda di area organik Google, Google Search Console adalah tool yang paling tepat untuk digunakan. Tool ini adalah salah satu plugin terpenting untuk mengelola dan mengoptimalkan situs web.

Selain berperan penting dalam membangun performa website Anda, Google Search Console juga dapat membantu website Anda tampil di halaman pertama Google. Tidak hanya itu, Anda mendapatkan beberapa manfaat dari penggunaan Google Search Console, yaitu:

  • Temukan kata kunci populer
  • Mengidentifikasi halaman yang paling populer
  • Ketahui dari mana pengunjung situs web Anda berasal
  • Identifikasi perangkat yang digunakan oleh pengunjung
  • Periksa kompatibilitas pada perangkat seluler
  • Cari backlink ke website Anda
  • Periksa link yang rusak
  • Identifikasi kerentanan keamanan dengan situs web
  • Kirim peta situs

Dalam artikel panduan lengkap untuk Google Search Console ini, kami telah menjelaskan sepenuhnya cara menggunakannya.

2.Google Analytics

Google Analytics adalah salah satu tool terpenting untuk melihat kinerja situs web. Anda dapat melakukan banyak hal dengan menggunakan Google Analytics. Mulailah dengan melihat sumber lalu lintas, konten paling populer di situs web Anda, dan statistik lainnya.

Anda dapat menggunakan data dari Google Analytics untuk menentukan strategi konten Anda di masa mendatang. Menjadi sangat fungsional untuk situs web, tidak mengherankan jika tool analitik Google telah digunakan oleh lebih dari 29 juta situs web di seluruh dunia.

  1. Google AdSense

Siapa yang tidak tahu Google AdSense? Tool yang dibuat oleh Google yang berfungsi untuk memonetisasi blog. Cara ini merupakan cara mendapatkan uang dari Google, itulah sebabnya saat ini lebih dari 10 juta website di dunia menggunakan Google AdSense. Dengan menggunakan Google AdSense, Anda dapat memasang iklan banner di situs web Anda.

Saat pengunjung situs web Anda melihat atau mengklik iklan di situs web Anda, voila! Anda dibayar untuk beriklan di situs web Anda melalui Google AdSense. Untuk beriklan di web, Anda dapat mengikuti tutorial yang telah kami publikasikan. Sangat menarik bukan?

  1. Pahami kecepatan halaman

Pernah buka website tapi loadingnya lama? Anda tentu tidak ingin website Anda mengalami hal yang sama bukan? Untuk menghindarinya, Anda bisa menggunakan Google PageSpeed ​​​​Wawasan.

Google merilis tool ini untuk membantu pengguna melihat seberapa cepat situs web dimuat. Saat Anda memeriksa nama domain Anda di Google PageSpeed Insights, Anda akan melihat beberapa analisis dan saran untuk situs web Anda. Datanya cukup lengkap dan bisa Anda gunakan untuk lebih meningkatkan performa website Anda.

  1. Tag Manager

Tag adalah skrip atau kode yang berada di badan HTML dan digunakan untuk melacak aktivitas pengunjung situs web. Untuk bagiannya, Tag Manager adalah tool yang dibuat oleh Google yang berguna untuk memfasilitasi pengelolaan tag di situs web.

Dengan menggunakan tag, Anda dapat mengetahui bagaimana pengunjung sampai ke situs web Anda, halaman mana yang dibuka, produk apa yang dibeli di situs web Anda, dll.

Google Pengelola Tag sangat populer di kalangan pemasar digital. Pengelola tag tidak hanya mudah digunakan, tetapi juga memiliki fitur dan antarmuka yang ramah pengguna. Jadi, pemasar digital yang baru mengenal pengkodean pun dapat mengelola dan menerapkan tag pemasaran.

Untuk memberi Anda lebih banyak informasi tentang tool ini, kami telah menyusun artikel tentang panduan lengkap Google Pengelola Tag untuk Bisnis. Tool ini juga merupakan salah satu tool gratis dari Google.

Anda dapat menautkan akun Tag Manager ke Google Site Kit. Sehingga Google Site Kit di admin WordPress secara otomatis menampilkan data pelacakan halaman web Anda.

  1. Optimaze

Tool Google terbaru untuk diintegrasikan ke dalam Google Site Kit adalah Optimaze atau Optimalkan. Dengan tool ini Anda dapat melakukan pengujian A/B pada situs web Anda. A/B testing dilakukan untuk menguji website dengan dua versi yang berbeda. Proses ini dapat membantu Anda melihat versi mana yang berkinerja lebih baik, misalnya, dalam hal rasio pentalan, RKT lebih tinggi, dll.

Mungkin hanya itu informasi yang dapat kami berikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda semua, untuk informasi lebih lanjut anda dapat mengunjungi website Seospecialist selaku jasa seo bogor, disana banyak informasi tentang website dan SEO yang dapat membantu anda semua.