Gangguan Sistem Pencernaan Manusia – Sistem pencernaan pada manusia merupakan sistem yang membantu manusia mengubah makanan agar mudah dicerna dan menjadi sebuah energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sistem pencernaan manusia dimulai dari mulut hingga anus, meliputi tenggorokan, esophagus, perut, usus kecil, pancreas, kantung empedu, hati, usus besar, dan rektum.

Banyak sekali gangguan sistem pencernaan yang dialami oleh manusia. Semua itu terjadi karena kurangnya perhatian seseorang terhadap dirinya sendiri. Artinya pola hidup tidak dibuat sehat, seperti makan semua makanan instan, dan berlebihan. Jarang berolahraga, kurang minum air putih, dan masih banyak faktor lainnya.

Gangguan Sistem Pencernaan Manusia

Salah satu gangguan yang dialami manusia pada umumnya adalah maag. Hal ini berkaitan dengan sistem pencernaan perut. Dokter ahli bedah digestif menuturkan bahwa gangguan maag ini terjadi pada lambung. Di mana lambung tersebut menghasilkan banyak asam lambung yang menyebabkan perut terasa sangat perih.

 Tidak sampai disitu saja, makanan yang kita makan belum tentu semuanya itu bersih. Kuman itu tersebar dimana – mana. Jika makanan yang mengadung bakteri yang tersebar, maka apa yang sudah kita makan dapat menyebabkan usus besar teriritasi. Hingga akhirnya orang mengalami yang namanya diare.

Dokter bedah digestif akan melakukan sebuah tindakan medis jika terjadi masalah yang sangat berat pada sistem pencernaan Anda. Misalnya yang umumnya yaitu usus buntu. Jika tidak segera dilakukan tindakan operasi oleh seorang dokter ahli bedah digestif, mungkin saja usus buntu akan mengalami pembengkakan yang semakin besar. Pada akhirnya dokter bedah akan memotong appendiks yang sudah mengalami iritasi.

Perlu Anda ketahui bahwa peradangan usus buntu bukan terjadi karena biji – bijian yang kita telan loh. itu hanya mitos. Sebenarnya usus buntu itu terjadi karena makanan yang kita makan itu kotor, dan adanya penyembuhan dari feses yang akhirnya meradang. Maka nya kalau Anda merasakan gejala – gejala yang tidak seperti biasanya segera konsultasikan diri Anda ke Dokter ahli bedah digestif. Dokter yang paham akan sistem pencernaan di dalam tubuh manusia.

Kalau dibahas satu persatu mengenai gangguan yang bisa terjadi pada sistem pencernaan tentu sangat banyak. Namun, untuk mengatasi munculnya gangguan tersebut lebih baik ubah gaya hidup Anda, Anda boleh modis tapi kesehatan tetap terjaga. Apalagi kaum milenial saat ini yang sedang gencar di pasok dengan para pedagang tanpa Anda ketahui ada batasan dalam mengkonsumsi segala jenis makanan.

Ayo, mulai sekarang jaga kondisi badan Anda untuk tetap sehat. Jangan lupa untuk selalu minum air putih yang cukup, serta olahraga yang teratur. Lakukan pengecekkan rutin medical check up dengan Dokter ahli bedah digestif. Tindakan yang cepat merupakan harapan baik bagi seorang pasien dan keberhasilan bagi seorang Dokter.