Faktor Penyebab Tiang PJU Tidak Menyala – Mengingat tiang pju ini sangat penting bagi seluruh masyarakat khususnya pengguna jalan. Jika tiang tersebut tidak menyala maka aktivitas masyarakat pun akan mengalami kendala atau terhambat. Apalagi kota besar yang mayoritas menggunakan jalanan umum setiap harinya.

Lalu sebenarnya apa sih faktor penyebab tiang pju rusak atau tidak hidup?. Mari kita bahas yang menjadi pertanyaan banyak orang karena persoalan tiang lampu jalan yang tidak berfungsi dengan benar.

Faktor Penyebab Tiang PJU Tidak Menyala

Ada beberapa faktor yang menyebabkan tiang lampu jalan tidak menyala. Hal ini perlu diperjelas agar masyarakat paham dan tidak menyalahkan pihak yang seharusnya tidak disalahkan. Berikut ini faktor penyebabnya, yaitu :

  1. Tiang lampu jalan tidak hidup bisa dikarenakan oleh cuaca. Misalnya, saat cuaca sedang hujan disambut oleh petir, maka pertir tersebut bisa menyambar tiang pju hingga merusak utilitas atau tiang tersebut. Perangkat yang sering tersambar petir ini sering disebut grounding atau arde.
  2. Bisa dikarenakan oleh adanya tegangan arus listrik yang mengalir ke perangkat tiang lampu jalan tidak berjalan dengan stabil. Hal tersebut bisa menyebabkan salah satu perangkat PJU mati atau bahkan bisa menyala terus – menerus.

Saat mati listrik lebih dari empat jam, maka pihak terkait harus menyetel time switch nya lagi di lampu PJU. Sebab ada salah satu perangkat di time switch yang akan bergeser. Ini lah yang menyebabkan tiang pju terus menyala, baik pagi, siang ataupun malam hari.

Faktor Penyebab Tiang PJU Tidak Menyala

Nah, melihat faktor penyebab tiang lampu jalan mati atau tidak menyala. Untuk itu solusinya adalah mengubah pemakaian tiang lampu listrik dengan tiang lampu solar cell. Karena tiang tersebut tidak membutuhkan aliran listrik, cukup menggunakan panel dan memanfaatkan cahaya matahari untuk diubah menjadi energi listrik. Secara otomatis ketika matahari sudah terbenam maka tiang pju tersebut akan menyala.

Tiang lampu solar cell ini lebih irit juga untuk pemakaian biaya listriknya. Lebih mudah dalam perawatannya, mudah untuk dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain meskipun biaya pemasangan jenis tiang ini terbilang cukup mahal tapi efek kedepannya akan terasa irit.

Sedangkan tiang lampu pju yang masih tersambung dengan listrik membutuhkan perawatan secara berkala untuk mengantisipasi terjadinya faktor penyebab yang sudah dijelaskan di atas.

Untuk itu, setelah membaca artikel ini diharapkan kalian sudah lebih paham dan mengerti penyebab tiang pju itu mati dan solusinya seperti apa. Semoga artikel ini bisa terus membantu kalian mencari informasi yang kalian inginkan ya.