Dokter Spesialis Penyakit Kanker – Dokter adalah seseorang yang bekerja khusus untuk menangani penyembuhan bagi orang sakit. Dokter umum yang berfokus pada pengobatan masalah kesehatan dan gejala umum yang dialami pasien. Dimana dokter umum ini berperan untuk memberikan pencegahan, diagnonis, dan penanganan awal. Selanjutnya apabila terjadi sesuatu yang memang harus dilakukan oleh seorang dokter spesialis akan dibuat rujukkan oleh dokter umum. Misalnya dokter spesialis kanker hati.

Dokter Spesialis Penyakit Kanker

Kanker merupakan penyakit yang disebabkan karena ketidakteraturan perjalanan hormon yang mengakibatkan tumbuhnya daging pada jaringan tubuh yang normal. Tumbuhnya daging ini disebut juga sebagai tumor, dimana tumor itu ada yang jinak dan ada yang ganas. Tumor ganas inilah yang disebut sebagai kanker, dan dokternya pun khusus spesialis kanker

Kanker ini bisa menyerang semua jenis jaringan tubuh salah satunya pencernaan. Dokter spesialis bedah pencernaan sekarang ini sangat banyak sekali yang melakukan jadwal operasi. Karena semakin banyaknya seseorang yang terkena penyakit pada saluran pencernaan. Salah satunya yang sering dialami pada bagian usus. Usus ini merupakan yang bagian terpenting dalam sistem pencernaan dan penyerapan nutrisi.

Jenis – Jenis Penyakit Kanker

Penyakit kanker masih menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia. Semua dokter pernah menjelaskan salah satunya Dokter spesialis bedah Jakarta bahwa pertumbuhan yang tidak normal pada sel – sel jaringan tubuh dapat menyebabkan sel kanker dan dapat menyebar ke seluruh bagian tubuh. Biasanya orang akan melakukan pemeriksaan kepada dokter penyakit dalam hanya pada saat terjadinya keluhan. Jadi rata – rata kanker sudah pada stadium lanjut. Untuk itu kalian perlu ketahui jenis kanker yang bisa menyerang kalian. Berikut beberapa jenis kanker yaitu :

Kanker paru – paru

Penyakit ini sering dialami oleh seorang perokok. Baik itu aktif maupun pasif. Lebih banyak menyerang orang yang berusia 55 tahun keatas. Dan sebaiknya kurangi merokok dan hindari perokok.

Kanker usus

Kanker usus besar tumbuh di jaringan usus besar, sedangkan kanker rektum tumbuh di beberapa sentimeter di usus besar dekat anus. Kebanyakan kasus diawali dengan gumpalan kecil sel jinak atau polip dan dari waktu ke waktu tumbuh menjadi kanker. Pemeriksaan sangat dianjurkan untuk menemukan polip sebelum berubah menjadi kanker.

Dokter ahli kanker usus menyarankan untuk melakukan tes screening lebih awal agar memungkinkan bertahan hidup lebih baik. Kanker usus ini muncul akibat kebiasaan menkonsumsi alkohol, kondisi tubuh dengan diagnosa diabetes, dan makanan yang serba instan dan olahan.

Kanker payudara

Sel kanker ini meski sering dialami oleh wanita tapi tak menutup kemungkinan bisa menyerang laki – laki. Sel yang terbentuk di dalam saluran yang mengalir dari air susu ke puting susu atau pada kelenjar yang memproduksi susu. Gejala utama dari kanker payudara adalah munculnya benjolan yang terasa berbeda dari jaringan sekitar payudara, disertai keluarnya cairan abnormal hingga disertai dengan nyeri.

Kanker hati

Penyakit ini lebih sering terjadi pada seseorang yang memiliki penyakit hati kronis seperti sirosis. Karena infeksi yang dialami seperti hepatitis B dan C, hemochromatosis, atau konsumsi alkohol berlebihan. Sebaliknya dari kanker payudara, dokter spesialis kanker hati lebih sering melayani pasien laki – laki dari pada wanita jadi kanker ini lebih sering menyerang laki – laki.

Kanker prostat

Kanker ini menyerang laki – laki yang mengganggu fungsi organ reproduksi. Pada tingkat dasar penyakit ini dikarenakan perubahan DNA  sel prostat normal. Penyakit ini berkaitan dengan usia lanjut, obesitas, dan sering mengkonsumsi susu tinggi lemak dan daging merah.

Kanker darah

Sering disebut dengan istilah leukemia. Kanker darah yang mengakibatkan kelebihan produksi sel darah putih yang abnormal. Keadaan normal akan memproduksi sel darah putih secara teratur untuk mengatasi infeksi. Untuk yang menderita penyakit ini maka sumsum tulang akan menghasilkan sel darah putih yang abnormal. Akhirnya ada penumpukkan dalam sumsum tulang sehingga sel darah merah yang sehat berkurang.

Kanker serviks

Penyebab yang utama dari kanker serviks ini adalah HIV (Human palilloma virus). tumbuh disekitar leher Rahim. Dua kali lipat beresiko pada wanita yang merokok. Faktor lainnya karena konsumsi pil kb selama 5 tahun atau lebih, konsumsi obat pencegah keguguran, melahirkan dibawah usia 17 tahun, dan ada riwayat kanker serviks dalam keluarga.

Kanker lidah

Kanker yang bisa terjadi di lidah bagian depan maupun pangkal. Adapun jenis kanker yang tumbuh pada bagian depan termasuk kategori kanker mulut. Sedangkan pada bagian pangkal lidah termasuk di dalam kanker orofaring. Tembakau dan alkohol penyebab utama kanker.

Kanker lambung

Kanker bisa menyerang dari berbagai usia tapi umumnya dialami oleh usia 50 tahun ke atas. Kanker terjadi ketika sel – sel di lambung berkembang biak tak terkendali.

Kanker pankreas

Terjadi karena adanya tumor pada pankreas yang dapat berkembang menjadi kanker, dan terjadi pada mereka yang berusia lanjut. Lebih mudah terkena penyakit ini bagi mereka yang diabetes, hepatitis kronis, pernah mengalami peradangan pada pancreas, dan mengkonsumsi minuman beralkohol.

Untuk menghindari adanya kanker kalian bisa merubah gaya hidup kalian. Ingat penjelasan rata – rata karena rokok, maka hindari rokok lalu jauhi minuman beralkohol. Makan dengan pola yang sehat. batasi daging olahan, lindungi diri dari sinar matahari langsung, kemudian lakukan pengecekan kepada dokter spesialis bedah Jakarta maupun tangerang secara berkala bukan hanya pada saat dirasakan keluhan saja.