Cara Mengatasi Bisul Dengan Bahan Alami – Bisul adalah infeksi kulit yang sangat umum terjadi. Ada banyak cara untuk mengatasi bisul, mulai dari pengobatan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah hingga pengobatan atau perawatan medis dari dokter. Bisul terasa nyeri, benjolan merah berisi nanah pada kulit yang biasanya muncul di wajah, leher, bahu, ketiak, dan bokong. Bisul biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus yang kemudian menyebabkan peradangan pada folikel rambut.

Cara Mengatasi Bisul Dengan Bahan Alami

Bisul yang satu jumlahnya, berukuran kecil dan tidak berhubungan dengan penyakit lain umumnya dapat diobati dengan cara sederhana sebagai berikut:

  1. Kompres dengan air hangat

Kompres hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah sehingga dapat membawa lebih banyak sel darah putih ke area tersebut untuk membantu melawan infeksi. Selain itu, mengompres bisul dengan air hangat dapat mengurangi rasa sakit dan membantu mengeluarkan nanah ke permukaan bisul. Dengan begitu, bisul bisa sembuh lebih cepat. Untuk melakukan ini, Anda bisa mengompres bisul dengan air hangat selama 20 menit 3-4 kali sehari. Lakukan ini setiap hari sampai bisul hilang.

  1. Oleskan dengan minyak pohon teh

Cara mengatasi bisul dengan bahan alami selanjutnya adalah dengan menggunakan minyak pohon teh. Minyak ini memiliki sifat antibakteri dan antiseptik yang dapat melawan infeksi bakteri penyebab tukak lambung. Namun, tidak disarankan mengoleskan minyak pohon teh langsung ke kulit karena dapat menyebabkan efek terbakar dan terbakar pada kulit. Jadi untuk menggunakan minyak pohon teh sebagai obat maag, anda bisa mencampurkan 5 tetes minyak pohon teh dengan 1 sendok teh minyak kelapa atau minyak zaitun. Kemudian gunakan bola kapas untuk mendidihkan minyak pohon teh. Lakukan ini 2-3 kali sehari sampai bisul benar-benar sembuh.

  1. Gunakan kunyit

Anda juga bisa menggunakan kunyit yang telah ditumbuk menjadi bubuk untuk mengobati sakit maag. Ini karena kunyit memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi yang kuat. Menggunakan bubuk kunyit untuk mengobati bisul dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan meminumnya atau dengan mengoleskannya langsung pada bisul. Untuk mengkonsumsinya, Anda bisa mencampurkan 1 sendok teh kunyit dalam air mineral atau susu dan meminum ramuan ini 3 kali sehari. Sementara jika ingin dioleskan pada kulit, Anda bisa mencampurkan kunyit dengan air hingga menjadi pasta. Kemudian didihkan dua kali sehari.

  1. Kompres dengan garam Epsom

Penggunaan garam epsom juga dapat mempercepat penyembuhan bisul karena garam ini dapat membantu mengeringkan nanah pada bisul sehingga bisul lebih cepat terkuras. Untuk menggunakan garam epsom untuk bisul, Anda bisa melarutkan garam epsom dalam air hangat. Kemudian kompres bisul dengan larutan ini selama 20 menit, 3 kali sehari.

Baca Juga : Biaya Medical Check Up

  1. Oleskan minyak jarak

Mengoleskan minyak jarak dapat digunakan sebagai cara untuk mengobati bisul karena minyak ini mengandung senyawa antiinflamasi dan antibakteri yang disebut asam ricinoleic. Anda bisa mendidihkan minyak jarak langsung 3 kali sehari. Lakukan ini sampai bisul benar-benar sembuh kamu bisa mendapatkan minyak jarak khusus di toko obat.

Jika penggunaan bahan alami tidak kunjung sembuh, dokter juga menganjurkan penggunaan obat-obatan seperti antibiotik yang mungkin diresepkan oleh dokter, di antaranya amikasin, amoksisilin, sefotaksim, sefazolin, seftriakson, dan sefaleksin. Atau bisa juga membeli obat-obatan dari apotek atau toko obat online. Jika masih tidak kunjung sembuh, segera ke dokter terdekat untuk penanganan lebih lanjut.