Cara Membuat Kantong Kertas – Kantong kertas yang lebih keren dikenal dengan sebutan paper bag ini ternyata sangat mudah untuk kalian buat sendiri dirumah. Membuat kantong kertas hanya dibutuhkan kreatifitas dan kerapihan dalam membuatnya.

Membuat kantong kertas memang cukup sederhana. Terkecuali jika kalian ingin membuatnya dengan tambahan desain dan pewarnaan yang menarik perhatian. Kegiatan pewarnaan ini yang memerlukan ketelitian dan kreatifitas tinggi. Tentunya ada tambahan alat lagi untuk proses pewarnaan atau pencetakan gambar. Kali ini kalian bisa buat yang sederhana dulu ya. Yuk simak kelanjutannya.

Cara Membuat Kantong Kertas

Pada umumnya paper bag atau tas kertas digunakan untuk membawa barang yang tidak terlalu berat. Paper bag bisa kalian temukan atau beli di toko – toko aksesoris. Solusi terbaik untuk menggantikan kantong plastik ini terbukti dapat meminimalisir penumpukkan sampah.

Saat ini kantong kertas bukan hanya untuk membungkus barang – barang saja tapi juga digunakan sebagai pembungkus makanan seperti kantong kertas makanan. Sudah banyak sekali para pebisnis makanan yang mengalihkan penggunaan kantong plastik dengan kantong kertas makanan untuk dijadikan alat pembungkus ketika pelanggan atau konsumen menginginkan makanan di take away.

Apalagi saat ini sedang maraknya wabah virus Covid – 19 yang membuat orang takut untuk keluar rumah dan memanfaatkan aplikasi untuk memesan makanan. Maka semakin banyak pula produksi kemasan makanan kertas yang dihasilkan oleh produsen paper bag makanan untuk memenuhi kebutuhan pebisnis makanan akan sebuah kantong.

Produsen paper bag makanan akan membantu kalian mendapatkan kemasan makanan kertas dengan harga yang murah. Nah, kalau kalian tidak ada dana atau biaya untuk membeli langsung kepada produsen maka lakukan cara berikut ini dirumah ya.

Sebelumnya persiapkan dahulu bahan – bahan untuk membuat kantong kertas makanan nya.

  1. Gunting
  2. Lem kertas atau double tape
  3. Kertas (disesuaikan dengan barang yang akan dibungkus)
  4. Pembolong kertas
  5. Tali (disesuaikan dengan bahan kertas yang digunakan)

Mari kita lanjut cara membuatnya.

  1. Potong kertas yang kalian gunakan, misalnya kertas kado, karton atau kertas apapun yang kalian gunakan. Tapi perlu diingat, untuk pembungkus makanan sebaiknya gunakan kantong kertas makanan dengan bahan kertas food grade, jangan gunakan kertas daur ulang. Potong sesuai dengan ukuran yang kalian inginkan.
  2. Kemudian lipat menjadi 3 bagian, dimana bagian tengah lebih besar dan sisi kanan kiri sebagai penutupnya untuk bertemu di bagian tengan kertas yang ukurannya lebih besar.
  3. Lalu lem pada bagian tengah pertemuan kertas kanan dan kiri dengan lem kertas atau double tape. Lalu lipat salah satu bagian bawah sepertiga kertas.
  4. Kemudian lipat kembali untuk menutup satu bagian sebagai alasnya. Lanjutkan dengan lipatan sisi kanan dan kiri untuk membuat bagain lebih cekung.
  5. Kalian bisa gunakan tali dengan membolongkan kertas bagian atas dengan pembolong kertas, kemudian pasang tali yang ukurannya sudah disesuaikan dengan ukuran kemasan makanan kertas nya.

Kalian bisa gunakan kertas daur ulang seperti Koran, majalah, tabloid, dan lainnya untuk wadah atau pembungkus aksesoris atau barang lainnya. Ingat ya, jangan digunakan untuk pembungkus makanan.

Jika kalian kesulitan mendapatkan kertas dengan standart food grade, kalian bisa langsung saja membeli kepada produsen paper bag makanan yang sudah memiliki sertifikat “Food Grade” sehingga akan benar – benar aman untuk kalian gunakan untuk membungkus makanan kalian.